PERAN ILMUAN INDIA TERHADAP MATEMATIKA
Asal angka adalah dari India. angka telah
digunakan oleh orang India didalam acuan Matematika mereka pada abad ke-VI.
Sistem nomor ini menyebar dari India ke Arab dan dari sana menyebar ke Eropa
pada abad ke-XII. Penemuan sistem angka yang modern
memiliki nomor berkisar antara 1-9, dan konsep nol (angka nol) telah diakreditasikan
terhadap India, simbol 0 berasal dari India. Angka ini telah digunakan dalam
astronomi Hindu dan acuan Matematika seperti “Bhakhsali” (300 Masehi),
“AryaBhata” (500 M) dan “Panch Sidhantica” (600 M).
Istilah sinus berasal dari India. Dipopulerkan oleh
matematikawan dan astronom Aryabhata yang berarti setengah nada, ”ardha-jya”
sebelum terus diubah sampai Gerard dari Cremona yang mengalihbahasakan Almagest
(ingat: Ptolemy) pada penghujung abad 12, mengganti kata di atas ke dalam
bahasa Latin yang artinya lebih-kurang sama, yaitu sinus. Dan adalah
Aryabhatta yang menghitung “phi” sebesar 3,1416. Banyak metode matematika
tersebut bertebaran di dalam naskah-naskah seperti Shatapatha Brahmana,
Baudhayanasutra, dll.
Sebagaimana dilaporkan dalam Indian Studies in Honor of Charles Rockwell (Harvad University Press, Cambridge, MA Edited by W.E. Clark, 1929), Sebokht menulis bahwa penemuan-penemuan bangsa India dalam bidang astronomilebih jenius dibandingkan dengan bangsa Yunani atau Babylonia, dan sistem angka (decimal) mereka lebih unggul. (N.S. Rajaram, p.157, 1995)
Penemu pertama Calculus modern adalah orang India bernama Bhaskaracarya, dimana orang-orang mengira itu merupakan kontribusi dari Newton atau Liebnitz. Penggunaan aljabar, trigonometri, kwadrat dan akar pangkat tiga juga pertama kali dimulai di India.
Aryabhatta (497 A.D.) yang menghitung “phi” sebesar 3,1416.
Banyak metode matematika tersebut bertebaran di dalam naskah-naskah seperti
Shatapatha Brahmana, Baudhayanasutra, dll.
Prof. R.G. Rawlinson menyatakan, “Hampir semua teori, kepercayaan, filsafat, dan matematika, yang diajarkan oleh Pythagoras sudah dikenal di India pada abad keenam B.C”.
No comments:
Post a Comment